Sunday 8 October 2017

E-Commerce Sebagai Perkembangan Sistem Informasi

Sumber : Google Gambar

E-Commerce dalam Wikipedia diartikan sebagai Perdagangan Elektronik, yups tapi ingat yah bukan perdagangan elektronik seperti Televisi, Radio, Kulkas yang dijual pada suatu gerai toko, Melainkan melalui sebuah jaringan Internet, Televisi atau secara Online. Tetapi kita mungkin lebih familiar jika mengartikannya sebagai Perdagangan Secara Online yaaa.

Dikutip dari sebuah Jurnal bahwa :
Electronic Commerce (e-commerce) adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer. e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (database), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini (Siregar, 2010)

Iya baru-baru ini perdagangan secara online sedang booming. Seperti contoh Lazada, Tokopedia, Olx, Amazon dll. Memang membeli barang secara online kita terkadang mendapatkan sebuah keuntungan lebih dari pada kita membeli barang secara offline(datang ke toko).

E-Commerce ini adalah sebagian pengembangan dari Teknologi Sistem Informasi. Sistem Pembayarannya pun sudah secara virtual dengan cara Transfer melalui Rekening Bank, tidak menggunakan uang tunai secara langsung. Setelah membayar pun akan langsung mudah terkonfirmasi dengan kecanggihan sistem pengecekan dana yang masuk dari sang pembeli.

Sistem sang penjual pun menginformasikan dana yang telah masuk menggunakan E-Mail(Surat Elektronik), tidak menggunakan surat yang dikirimkan melalui pos dan sebagainya karna akan menghambat sampainya informasi kepada pembeli tentang pembayarannya.

Pembeli pun dapat mengakses Toko Online untuk melihat produk-produk yang dijual selama 24 jam. Tidak khawatir toko akan tutup seperti gerai toko offline. Dan pertanyaan seputar barangnya pun tetap melalui E-Mail. Keamanan yang sangat dijaga oleh penyedia E-Commerce untuk berbagai macam transaksi pembayaran.

Sedikit kita kutip dari sebuah Website beberapa proses dari E-Commerce adalah sebagai berikut:
1. Presentasi electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
2. Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
3. Secar otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
4. Pembayaran yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.

Dan beberapa keuntungan ketika kita menggunakan E-Commerce :
1. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
2. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
3. Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
4. Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.

Tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, ada beberapa faktor yang menunjang. Mari kita lihat dari kutipan jurnal berikut :
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan.

Sedikit contoh yang menyediakan layanan E-Commerce :
1. Lazada
2. Amazon
3. Tokopedia
4. BukaLapak

Apasaja yang kita dapat lakukan didalam E-Commerce?
1. Pembelian buku melalui online.
2. Pembelian elektronik melalui online.
3. Pembelian kendaraan melalui online.
4. Pembelian pakaian melalui online, dll.

Positif dari E-Commerce?
1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
2. Menurunkan biaya operasional (Operating Cost)
3. Melebarkan jangkauan (Global Reach)
4. Meningkatkan customer loyality.
5. Meningkatkan supplier management.
6. Memperpendek waktu produksi.

Negatif dari E-Commerce?
1. Penipuan sering terjadi ketika membeli kepada penjual yang tidak memiliki reputasi
2. Sebaliknya penjual yang jujur masih belum memiliki reputasi sulit mendapat profit
3. Server Down, karena kesalahan yang tidak disengaja mengakibatkan penurunan pendapatan
4. Hacker, pencurian data pribadi pembeli seperti rekening dll

Cukup sampai disini untuk bahasan kita kali ini tentang e-commerce semoga informasi yang saya tuliskan walaupun hanya sedikit dapat memberikan penambahan wawasan atau pengetahuan, seperti motto blog ini "Berawal dari bawah dan menjadi yang lebih baik" sekian dan terimakasih.

Penulis,
Arya Zulfikar Tetuko

Refrensi :
1. https://unindrax1eione...mpak-e-commerce/
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
3. https://orasibisnis...m-dunia-bisnis.pdf

Categories: , ,

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Copyright © Cizciznet Blog | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑