Monday 16 October 2017

E-Commerce Part II

Sumber : google gambar

Pada posting sebelumnya kita sudah membahas tentang E-Commerce, kita akan melanjutkan bahasan tersebut. Perkembangan Sistem Informasi bukan hanya sebuah pengetahuan tentang program, dan komputer. Tetapi kita juga harus memahami tentang hal yang sedang bertumbuh saat ini. Seperti yang kita contohkan yaitu E-Commerce , dalam contoh ini kita mengambil dalam Jurnal:
Pengaruh E-Commerce Toko Online Fashion Terhadap Kepercayaan Konsumen
Kita juga harus bisa memahami jika sebuah Sistem seperti E-Commerce  dapat berjalan dengan baik, bukan hanya dengan membuat toko online. Melainkan ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebagai berikut.

  1. Trust Building Model (TBM)
  2. Preceived Site Quality (Kualitas yang dirasakan)
  3. Preceived Vendor Reputation (Reputasi Vendor)
  4. Structural Equation Modeling (SEM)
Faktor yang disebutkan diatas juga mendapat perhatian penting. Karena ketika sebuah E-Commerce (Toko Online) sudah selesai dibuat, ternyata masih ada faktor tersebut yang harus diperhatikan. Jadi tidaklah mudah untuk membuat sebuah E-Commerce dengan jangka waktu yang singkat.

Trust Building Model
Kaitannya dengan kepercayaan konsumen terhadap e-commerce.

Preceived Site Quality
Kualitas Situs yang dirasakan.

Preceived Vendor Reputation
Reputasi vendor

Structural Equation Modeling
Untuk menganalisis masing-masing faktor tersebut dengan meneliti 200 responden yang sudah pernah bertransaksi dan belum pernah bertransaksi namun mempunyai keinginan di kemudian hari dan sudah pernah berkunjung ke situs toko online fashion.
Sebuah kesimpulan dari Jurnal yang kita kutip adalah sebagai berikut:
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen e-commerce toko online fashion di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kualitas website dan susunan keamanan yang tersaji melalui website, sedangkan reputasi vendor melalui website tidak signifikan mempengaruhi konsumen untuk bisa lebih percaya pada suatu vendor toko online fashion.
Dalam membuat Toko Online seorang web developer membangun website yang dapat dipercaya. Membangun sebuah web yang dapat dipercaya seperti yaitu:

Susunan Keamanan
Susunan Keamanan atau memberikan keamanan tingkat tinggi untuk para konsumen yang sedang berbelanja pada toko online tersebut. Karena dengan sebuah jaminan keamanan seorang konsumen akan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Dikutip dalam jurnal :
Sebaiknya ketika pengembang web membangun sebuah toko online, akan lebih baik jika website tersebut mempunyai bukti jaminan keamanan yang mix dengan jaminan privasi. Website merupakan situs jual beli online yang sudah lulus dalam sertifikasi jaminan keamanan yang dilakukan oleh pihak ketiga. Jaminan keamanan tersebut dapat terlihat dan diketahui oleh konsumen dengan meletakkan logo/syimbol dari pihak ketiga pada halaman web.
Kualitas Website

Bukan hanya tingkat keamanan tetapi Kualitas Website juga harus ditingkatkan. Meningkatkan dengan cara memberikan sebuah "Kontak Perusahaan" atau sering kita lihat "About Us" supaya konsumen dapat memastikan apakah toko tersebut terdapat kebenaran tentang keberadaan toko tersebut. Jauh dari error yang terdapat pada website toko online.

Karena kepercayaan konsumen di indonesia sangat dipengaruhi oleh kualitas website dan susunan keamanan. Maka dari itu seorang web developer harus membuat semaksimal mungkin.

Sepertinya cukup sekian pembahasan kita kali ini. Ternyata kita sudah bertemu di part ii dalam pembahasan e-commerce. Terimakasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini.

Refrensi : 

Jika link diatas tidak dapat dibuka silahkan download jurnalnya disini : Google Drive

Categories: , , ,

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Copyright © Cizciznet Blog | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑