Sunday 23 December 2018

MENGULAS JURNAL : PERANCANGAN APLIKASI WEB UNTUK DETEKSI PENYAKIT PARU-PARU DENGAN INFERENCE FORWARD MENERAPKAN METODE DAMPSTER SHEFER


PERANCANGAN APLIKASI WEB UNTUK DETEKSI PENYAKIT PARU-PARU DENGAN INFERENCE FORWARD MENERAPKAN METODE DAMPSTER SHEFER
Latar Belakang
Perkembangan komputer dewasa ini telah mengalami banyak perubahan yang sangat pesat, seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin banyak dan kompleks. Komputer yang pada awalnya hanya digunakan oleh para akademisi dan militer, kini telah digunakan secara luas di berbagai bidang, misalnya: Bisnis, Kesehatan, Pendidikan, Psikologi, Permainan dan sebagainya. Hal ini mendorong para ahli untuk semakin mengembangkan komputer agar dapat membantu kerja manusia atau bahkan melebihi kemampuan kerja manusia.
Seiring perkembangan teknologi tersebut, dikembangkan pula suatu teknologi yang mampu mengadopsi proses dan cara berpikir manusia yaitu teknologi Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan. Sistim Pakar adalah salah satu bagian dari Kecerdasan Buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh satu atau banyak pakar ke dalam satu area pengetahuan tertentu sehingga setiap orang dapat menggunakannya untuk memecahkan berbagai masalah yang bersifat spesifik, dalam hal ini adalah permasalahan kesehatan paruparu.
Kecerdasan buatan atau artificial intelligence merupakan bagian dari ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Sistim cerdas (intelligent system) adalah sistem yang dibangun dengan menggunakan teknik-teknik artificial intelligence.
Menurut Martin dan Oxman (1998,1) Sistim Pakar (Expert System) adalah program berbasis pengetahuan yang menyediakan solusi-solusi dengan kualitas pakar untuk problema-problema dalam suatu domain yang spesifik. Sistim pakar merupakan program computer yang meniru proses pemikiran dan pengetahuan pakar dalam menyelesaikan suatu masalah tertentu. Implementasi Sistim pakar banyak digunakan dalam bidang psikologi karena Sistim pakar dipandang sebagai cara penyimpanan pengetahuan pakar pada bidang tertentu dalam program komputer sehingga keputusan dapat diberikan dalam melakukan penalaran secara cerdas. Irisan antara psikologi dan sistem pakar melahirkan sebuah area yang dikenal dengan nama cognition & psycolinguistics. Umumnya pengetahuannya diambil dari seorang manusia yang pakar dalam domain tersebut dan Sistim pakar itu berusaha meniru metodelogi dan kinerjanya (performance) (Kusumadewi, 2003). [...]

Tujuan
a.       Membantu dalam mendiagnosa penyakit paru-paru.
b.      Membuat sistem pakar yang dapat menentukan jenis penyakit paru-paru yang baik dan efisien, yang diharapkan dapat membantu mengatasi masalah-masalah penyakit paru-paru.
a.       C. membantu orang yang tidak mengerti tentang penyakit paru-paru dalam mendeteksi penyakit paru-paru yang dialami oleh pasien tersebut tanpa harus pergi ke seorang pakar.

Manfaat
a.       Sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi dokter agar dapat mengatasi penyakit paru-paru dan solusinya.
b.      Menambah kreatifitas dan wawasan peneliti dalam penulisan karya ilmiah dalam merancang sistem pakar.
c.       Membantu pengguna dengan mudah untuk mengetahui dengan cepat apakah seseorang terkena penyakit paru-paru dengan menggunakan komputer.

Ulasan
Sistem pakar yang menggunakan website sebagai sarana perkembangan teknologi dalam bidang medis untuk mendiagnosa penyakit paru-paru sangatlah berguna. Tidak hanya seorang dokter yang dapat menggunakan, publik pun dapat menggunakan dan menambah wawsasan tentang penyakit paru-paru dan gejalanya.
Dari jurnal di atas, saya dapat sedikit memberikan ulasan tentang jurnal tersebut. Bahwa jurnal tersebut cukup bagus untuk diimplementasikan. Dengan memberikan bobot-bobot pada gejala  untuk menentukan persentase diagnosa penyakit paru, juga mempermudah untuk mengambil sebuah keputusan.
Jurnal tersebut juga memiliki beberapa manfaat yang cukup menurut saya. Antara lain yang pertama adalah untuk membantu dokter mengambil sebuah keputusan diagnosa, kedua sebagai acuan untuk mahasiswa membuat tugas, penulisan ilmiah, ataupun skripsi, ketiga memanfaatkan media teknologi komputer khususnya berbasis website merupakan sebuah nilai positif memadukan sebuah perkembangan teknologi dengan medis.

Arya Zulfikar Tetuko
3KA07
11116125
Link Jurnal : https://drive.google.com/file/d/0B0EdWn-d3T9xNi02RWZnM3Q0Skk/view

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Copyright © Cizciznet Blog | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑